TRANSAKSI
SALES
Pada
Bab ini akan dibahas tentang penjualan. Penjualan bisa berbentuk barang atau
jasa. Pada modul penjualan hampir sama dengan modul pembelian. Bila anda susah
memahami modul pembelian,pasti akan mudah memahami modul penjualan.
6.1. Fasilitas Pencatatan
Menu Sales
Fasilitas
pencatatan penjualan yang disediakan ABSS terdiri dari :
1. QUOTE
Merupakan fasilitas untuk
menginput data penawaran barang kepada pelanggan. Penginputan dokumen ini tidak
akan menghasilkan jurnal, dikarenakan belum adanya dana maupun barang yang
berkurang
2. ORDER
Merupakan fasilitas untuk
menginput data pemesanan barang yang dilakukan antara pelanggan dengan
perusahaan. Penginputan dokumen ini dapat menghasilkan jurnal jika terjadi
penginputan uang muka (DP) dikotak Paid to Day.
3. INVOICE
Merupakan fasilitas untuk
menginput data barang yang dikirim ke pelanggan. Penginputan dokumen ini pasti
akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan persediaan. Selain itu akan
menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan penerimaan pmbayaran uang muka maupun
pendapatan angkut jika keduanya terisi. Untuk penjualan tunai, maka jumlah Paid
To Day diisi dengan jumlah yang sama dengan Total Amount.
4. RECEIVED
PAYMEN
Merupakan fasilitas yang
digunakan untuk menginput penerima pembayaran atas invoice maupun penerimaan
pembayaran uang muka atas order ataupun invoice.
6.2.Transaksi Penjualan
1.
Penjualan
Barang Secara Tunai (Mata uang IDR)
Pada 20 januari 2018, Nn. Putri membeli
sejumlah barang secara tunai dengan mata
uang IDR. Jenis barang yang dibeli sbb:
Penyelesaian :
Ø Pilih
Modul Sales – Enter Sales
Ø Ubah
layout menjadi item
Ø Isikan
data transaksi tersebut :
Ø Untuk
melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL+R
Ø Klik
Record
2.
Penjualan
Jasa Secara Tunai ( Mata Uang USD)
Pada 25 januari 2017, Nn. Victoria melakukan jasa wo
kepada perusahaan mata uang USD yang dibayarkan secara tunai. Rincian nya
sebagai berikut :
Penyelesaian
:
Ø Pilih
modul Sales – Enter sales
Ø Isikan
data transaksi tersebut :
Ø Untuk
melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL+R
Ø Klik
Record
3.
Penjualan
Barang Secara Kredit (Mata Uang USD)
Pada tanggal 10 Januari 2018 Saudari Ester membeli barang secara kredit dengan
Termin 2/10, Net/30 Dengan Uang Muka US$ 350. Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh Ester: [Exlude 10% PPN], [Job: P], [Category : O]
Penyelesaian:
a. Pilih Modul sales à Enter Sales
b.
Ubah
Layout Menjadi Item
c.
Pilih
Tab Invoice à Buat Pelanggan Atas Nama Ester (C-05)
d.
Pilih
Term menjadi :
e. Input data transaksi penjualan.
f.
Klik tombol Record.
4.
Transaksi
Penerimaan Piutang ( Mata Uang IDR)
Pada
23 januari 2018, Nn, keyza melakukan pelunasan pembayaran piutang kepada
perusahaan atas INV-03 sebesar Rp. 4.500.000,- dengan Inv#: KM230101 transfer melalui Bank BCA (IDR) [ID#: KM230101].
Penyelesaian
:
Ø Pilih
modul Sales – Enter Receive Payments
Ø Isikan
data transaksi tersebut :
Ø Untuk
melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL+R
Ø Klik
Record
5.
Melunasi
Piutang atas Transaksi Penjualan (Mata Uang USD)
Pada 28
januari 2018, Nn. Victoria melakukan pelunasan piutang kepada perusahaan
atas transasksi INV-02 pada tanggal 31 Desember 2018 sebesar $300 melalui melalui Cash(USD) [ID#: KM280101].
Penyelesaian
:
Ø Pilih
modul Sales – Receive Payment
Ø Isikan
data transaksi tersebut
Ø Klik Record
Tidak ada komentar:
Posting Komentar