1. Fasilitas Pencatatan Pada
Menu Purchase
Fasilitas
pencatatan pembelian yang disediakan ABSS terdiri dari :
1. QUOTE
Merupakan
fasilitas untuk menginput data permohonan barang yang dilakukan antara satu
divisi dengan divisi lainya dalam satu perusahaan (dokumen intern). Penginputan
dokumen ini tidak akan menghasilkan jurnal, dikarenakan belum adanya dana
maupun barang yang bertambah.
2. ORDER
Merupakan
fasilitas untuk penginput data pemesana barang yang dilakukan antara perusahaan
dengan pemasok. Penginputan dokumen ini dapat menghasilkan jurnal jika terjadi
penginputan uang muka (DP) di kitak Paid To Day
3. BILL
Merupakan
fasilitas untuk menginput data barang yang telah diterima dari pemasok.
Penginputan dokumen ini pasti akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan
persediaan. Selain itu akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan
pembayaran uang muka maupun biaya angkut jika keduanya terisi. Untuk pembelian
tunai, maka jumlah Paid to Day di isi dengan jumlah yang sama dengan Total
Accont.
4. PAY
BILL
Merupakan
fasilitas yang digunakan untuk menginput pembayaran atas Bill maupun pembayaran
uang muka atas Order maupun Bill.
1.2. Transaksi Pembelian
1.
Transaksi Pembelian Barang Secara Tunai ( mata
uang IDR)
Tanggal 03 Januari 2018 perusahaan
membeli barang secara tunai kepada CV. Ayu Indonesia. Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh Eagle Bridal Shop: [nomor
Purchase#: FB030101 No. INV: INV-09], [Job: P],
[kategori: L], [Exlude 10%
PPN]
Penyelesaian
:
Ø Pilih
Modul purchases à Enter Purchases.
Ø Klik
Changes To Bill.
Ø Unceklist
Tax Inclusive.
Ø Ubah
tampilan layout menjadi item.
Ø Isikan
data transaksi purchase.
Ø Pilih
Category
Ø Klik
Record.
2.
Pembayaran
Transaksi Pembelian Barang Secara Tunai
Tanggal 03 Januari 2018 perusahaan membayar
transaksi kepada CV. Ayu Indonesia menggunakan
Bank BCA sebesar Rp. 6.600.000 [Cheque No.:
BK010301], [Job: P],
[kategori: L].
Penyelesaian :
Ø Klik
Modul Purchases
Ø Pilih Pay Bills
Ø
Pilih
nama Supplier
Ø
Pilih
jenis Account sesuai dengan yang ditentukan
Ø
Isikan
data pada kolom Cheque No dan kolom Date
Ø
Isikan
nominal sesuai dengan jumlah yang ingin dibayar pada kolom Amount Applied
3.
Transaksi
Pembelian Barang Secara Kredit (mata uang USD)
Tanggal 03 Januari 2018
perusahaan membeli barang secara kredit kepada Zaneca Futures Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh Perusahaan: [nomor Purchase#: FB010302], [Job: P], [kategori: O], [Exlude 10%
PPN].
Penyelesaian:
Ø Pilih
Modul purchases à Enter Purchases.
Ø Klik
Changes To Bill.
Ø Unceklist
Tax Inclusive.
Ø ubah
data termin
Ø Ubah
tampilan layout menjadi item.
Ø Isikan
data transaksi purchase.
Ø Pastikan
rate yang digunakan : USD.
Ø Pilih
Category menjadi O.
4.
Transaksi
Pembayaran Hutang (mata uang USD)
Pada
tanggal 10 Januari 2018 perusahaan Melakukan pelunasan hutang kepada Design
Creative sebesar $300 menggunakan Cash (USD). [Cheque No: BK100101).
Penyelesaian:
Ø Klik
Modul Purchases
Ø Pilih Pay Bills
Ø
Pilih
nama Supplier
Ø
Pilih
jenis Account sesuai dengan yang ditentukan
Ø
Isikan
data pada kolom Cheque No dan kolom Date
Ø
Isikan
nominal sesuai dengan jumlah yang ingin dibayar pada kolom Amount Applied
Ø
Tekan
CTRL + R untuk melihat hasil jurnal dari transaksi tersebut.
Ø Klik tombol Record.
1.5. Retur Pembelian
ABSS
tidak menyediakan from khusus untuk pengisian Retur Pembelian. Cara pengisian
nya sama seperti purchase biasa, hanya saja untuk kolom Recceived diisikan
dengan angka minus.
Setiap melakukan proses retur anda harus
melakukan dua tahap yaitu :
Ø Mengurangkan
Invoice (Qty minus) didalam from Bill
Ø Membebankan
invoice yang minus tersebut ke invoice lainnya (Apply to Purchase) atau
membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai (received
refund) sebagai pengembalian dana jika pe,belian yang diretur tersebut asalnya
adalah pembelian tunai.\
1.
Retur
Pembelian Barang Yang Rusak (Mata Uang USD)
Pada tanggal 5 Januari 2018 dengan nomor purchase FB050101
perusahaan melakukan pengembalian barang dengan mata uang asing kepada Zaneca
Futures Berdasarkan nomor Purchase#: FB010302 pada tanggal 03 Januari 2018 dengan cara
pembayaran tunai. Rinciannya sebagai berikut: [Exlude 10% PPN]
Penyelesaian:
- Pilih
Modul purchases à
Enter Purchases.
- Klik
Changes To Bill.
- Pilih
layout menjadi Item.
- Pilih
nama supplier.
- Buatlah
Faktur Retur terlebih dengan cara menginput jumlah yang diretur dengan
tanda (-).
- Isikan data transaksi purchase.
g.
Klik Tombol Record.
h. Pada
Modul Purchase à Pilih Purchases Register.
i.
Pada tab Returns & Debits klik tombol
Retur Receive Refund.
Lakukan
pengisian data pada kotak dialog Settle Return & Debits
j.
klik Tombol Record.
Catatan
: membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai
(Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang diretur
tersebut asalnya adalah pembelian tunai.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar